Tradisional

Latihan Dasar Kepemimpinan

Pengarahan dari Kapolsek Kabat tentang bahaya NARKOBA
LIPI

Latihan Tari Di Desa Sukorejo

Pra Persiapan Lomba Tari di Aula Diknas Kabupaten Banyuwangi
LPJK

Halal Bihalal 1422 H

Penampilan Seni, setelah mendengarkan Ceramah dari Habib syeh dari Banyuwangi
LPJK

Perpisahan Dengan Peserta Didik

Para peserta didik saling bersalaman di acara Pelepasan,Perpisahan Bu Ratna dan P. Tujoko
LPJK

Dewan Guru

Salam terakhir Dewan Guru dengan Bu. Ratna dan P. Tujoko
LPJK

Penampilan Tari di Aula Diknas Banyuwangi

Penampilan Siswi dalam lomba Seni Tari se Kabupaten Banyuwangi

Mengetahui POtensi Kita

Untuk dapat berhasil dalam segala bidang, hal yang perlu diperhatikan adalah POTENSI. Artinya, kita harus bisa mengetahui potensi yang ada dalam diri kita dan mengembangkannya sebaik mungkin. Potensi yang sekecil apapun sangat berguna, dan dapat menjadi sesuatu yang luar biasa bila didayagunakan dengan baik.

Betapa sering di dalam sebuah percakapan sehari-hari muncul pernyataan seperti ini: "Jangan mengabaikan sesuatu yang kecil." Pernyataan ini muncul terutama karena seseorang kurang menaruh perhatian yang cukup kepada sesuatu yang kecil, kemudian mereka terkejut apabila menemukan yang tadinya kecil itu sudah menjadi sesuatu yang sangat besar.

Pertanyaan selanjutnya, apakah setiap orang dapat mengenal potensinya? Belum tentu. Potensi itu seperti harta karun yang terpendam dan perlu digali; seperti benih yang butuh waktu dan proses untuk dapat bertumbuh. Ada banyak cara untuk mengetahuinya, melalui psikotest, dari pimpinan, ataupun dari teman yang melihat potensi tersebut. Yang terpenting adalah mempunyai keinginan untuk mengembangkan potensi tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk mengetahui potensi yang kita miliki antara lain :

Tahu tujuan hidup kita

Potensi yang ada dalam diri kita tidak akan jauh dari tujuan atau panggilan yang Tuhan sediakan. Maka dari itu, gali dan tanya pada Tuhan, apa tujuan hidup kita. Gali potensi yang kita miliki untuk tujuan tersebut.

Berada di lingkungan yang mendukung

Banyak orang justru mengetahui atau sadar kalau dia memiliki potensi tertentu karena orang lain, bahkan mendapatkan dukungan untuk mengembangkan potensi dari orang lain.

Tidak terfokus kepada keterbatasan

Focus on your potential instead of your limitation. Tuhan adalah The Creator, Dia menciptakan kita sama dan serupa dengan diriNya, Dia kreatif maka Dia juga yang memberikan kemampuan kepada kita untuk menjadi kreatif. Dia pula yang akan membantu kita untuk melihat jauh melebihi keterbatasan kita.

Tidak terfokus kepada kemampuan orang lain

Masing-masing kita diciptakan unik dan berbeda, berarti potensi kita juga berbeda. Masing-masing kita punya tujuan dan panggilan hidup yang berbeda, maka pasti kemampuan yang Tuhan berikan dalam diri kita juga akan berbeda.

Tidak terfokus kepada kegagalan

Hal yang paling mudah untuk membuat seseorang menyerah adalah waktu dia menemui kegagalan. Berhenti karena gagal hanya akan menghalangi kita untuk dapat bertumbuh, membuat kita tidak berani memulai lagi, dan akhirnya membuat potensi dalam diri kita mati.

Kita semua adalah manusia yang berpotensi, karena itu galilah potensi diri sendiri dan kembangkan potensi tersebut seluas mungkin. Mereka yang mau bekerja keras, berusaha, dan memakai setiap talenta dan karunia secara maksimal, adalah orang-orang yang akan mencapai kesuksesan dan jangan lupa untuk dapat membangun dan membagikan berkat tersebut kepada orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Bank soal..

SMP NEGERI 2 KABAT - Jl. Pakel Macanputih - Kec. Kabat - Kab. Banyuwangi di Dukung oleh Blogger